Dalam suatu sistem penjualan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan seperti variatif product marketing (penjualan produk yang bervariasi) dan target marketing (sasaran penjualan). Namun, dalam bahasan kali ini kita hanya akan memperlajari mengenai target marketing.
Target marketing atau sasaran penjualan tidak lepas dari pembelajaran mengenai segmen. Jadi bila kita membahas target marketing, itu berarti kita akan membahas segmen dalam pemasaran. Segmentasi pasar ialah kegiatan membagi-bagi atau mengelompokkan pasar sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, dan perilaku.Berikut akan dijelaskan mengenai tahapan membuat segmentasi pasar.Dalam membuat segmentasi pasar hal-hal yang perlu dilakukan, salah satunya ialah mengidentifikasi dasar pembuatan segmen. Ada beberapa dasar dalam pembuata segmen, antara lain pertama, segmentasi geografis.. Segmentasi geografis merupakan pembagian pasar sesuai dengan nation (konsumennya berasal dari dalam atau luar negeri), State/Negara (Melihat aturan yang dipakai dalam negara tersebut), region/wilayah (Melihat ke wilayah mana produk akan kita kirim. Karena semakin sulit transportasi suatu daerah, maka akan semakin mahal buayanya), dan City/Kota. Kedua, segmentasi Demografis. Segmentasi demografis merupakan pembagian pasar sesuai dengan usia (kita harus bisa mengklasifikasikan setiap kelompok usia. Contohnya dalam pemasaran pakaian dan film), Gender/jenis kelamin, Family size / jumlah keluarga (Contohnya adalah pada saat pemasaran mobil. Produsen hendaknya memperhatikan untuk siapa mobil tersebut ditujukan. Untuk keluarga besar hendaknya memasarkan mobil dengan kapasitas muatan yang lebih banyak pula), family life recycle, income (pendapatan yang diperoleh/gaji), occupation (pekerjaan juga meruapakan segmen penting untuk diperhatikan. Disini kita bukan hanya sekedar melihat pekerjaannya, namun juga jabatannya dalam pekerjaan tersebut), pendidikan, dan ras. Ketiga, Segmentasi psikografis.Dalam segmentasi ini pasar dikelompokkan sesuai dengan kelas sosial, life style, personality (kepribadian). Keempat, Segmentasi Behavioral. Dalam segmentasi ini pasar dibagi sesuai dengan Manfaat (dilihat dari kualitas), benefit/layanan/service (mengutamakan kenyamanan pelanggan atau konsumen), struktur penggunaan (apakah dia pembeli langsung atau pembeli potensial), sering atau tidaknya digunakan, loyalitas terhadap produk, kesiapan konsumen dalam menerima suatu produk yang ditawarkan (apakah orang tersebut informer, orang yang ingin mendengarkan informasi terlebih dahulu atau bagimana sikapnya terhadap produk yang ditawarkan), relationship buyer (membeli berdasarkan suatu hubungan), dan transection buyer.
0 komentar:
Posting Komentar