Prinsip dari placement adalah bagaimana mendekati pelanggan atau pembeli. Ada beberapa cara dalam menentukan penempatan :
1. Langsung ( took dimiliki sendiri oleh produsen).
ð Produsen dapat menjual langsung lewat took atau outlet. Contohnya : sepatu nike memiliki took sendiri.
2. Intermediatary : produsen menjual produk di :
a. Agen
b. Supermarket
c. Took milik pihak ke3
3. Hybird (campuran antara milik sendiri dan orang lain).
Cont : NOKIA, ada yang dijual pada took khusus NOKIA, namun ada pula yang ditempatkan ditempat lainnya (tidak harus pada toko NOKIA).
4. Telemarketing (distribusi menggunakan atau via telepon).
Contoh : Pada bank = penawaran kartu kredit, asuransi, dll.
5. MLM
6. Ecomance : berbentuk internet.
Alasan dalam memilih salura distribusi :
1. Efisiensi biaya
2. Fokus (agar sumber daya perusahaan tidak bercampur baur).
3. Pertimbangan kualitas
4. SDM (Makin banyak pegawai gaji makin banyak juga. Sedangkan barang belum tentu habis terjual. Itulah sebabnya diberikan kepada agent).
0 komentar:
Posting Komentar