Price/harga : Sejumlah uang yang ditukarkan untuk memperoleh produk atau barang, atau sejumlah nilai yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari pemilikan atau penggunaan jasa.
A. Internal Factor : Faktor yang ada dalam suatu lingkungan organisasi.
a. Cost = Harga Pokok
Menentukan harga pokok bisa dengan rumus BB + TKL + OH + Laba. Apabila disekolah, kita mengenalnya dengan RAPBS.
b. Marketing Mix
Barang yang sama dijual di took yang berbeda, melihat dari tempatnya, promosinya, dll.
c. Marketing Onjectives
Berbicara mengenai tujuan dari pemasaran itu sendiri. Contohnya : UNJ sebenarnya bisa dikatakan rugi apabila dilihat dari bayarannya. Tapi karena UNJ tujuannya pendidikan, maka UNJ tetap hidup sampai sekarang.
d. Organisational Consideration (Pertimbangan – pertimbangan organisasi).
ð Perkembangan ini berkaitan dengan :
1. SDM
2. Produk atau kemasan : terkait dengan outletnya
3. Coverage : jangkauan
B. Eksternal Factor
1. Market
a) Pure competition : kompetisi yang murni
b) Monopoli
c) Oligarki : Kelompok perusahaan yang menentukan harga.
2. Demand (kekuatan permintaan)
3. Competitors : pesaing
Contohnya : Texas, KFC, Mc. Donal, berani bersaing dengan jarak yang berdekatan.
4. Others External Factor
a) Politic : Contohnya, saat terjadi kerusuhan maka semua harga bisa naik.
b) Social : Contohnya, ada barang atau makanan tertentu yang tidak boleh dijual di tempat-tempat tertentu karena suatu alasan.
c) Hukum : Contohnya, karena makanan di Indonesia harus halal, maka harganya pun naik karena masih harus membayar biaya pengecekan.
d) Ekonomi
e) Geografi : Contohnya, karena daerah yang ingin dicapai sulit untuk dijangkau, maka biaya jadi bertambah.
C. Cara Menentukan Harga (Pricing Appoach)
a. Cost based pricing
Makin banyak barang yang dikonsumsi, maka harga semakin murah.
b. Value based pricing
Harga ditentukan oleh siapa yang mengkonsumsinya. Contoh: harga produk pada Mc. Donald di Bandara berbeda dengan harga pada tempat biasa.
c. Competition based pricing
ð Meletakkan competitor sebagai dasar
ð Harus bisa memilih competitor yang tepat
D. Price Adjustment Strategies
a. Discount and allowance (potongan harga dan tukar tambah).
b. Segmented pricing (tergantung pada segmennya). Contoh : Walaupun merknya sama, bisa jadi berbeda ketika segmennya berbeda.
c. Phsycological pricing (menempatkan harga yang secara psikologis tampak lebih murah).
d. Promotional price
Contohnya belanja di tempat-tempat yang sedang diadakan diskon.
e. Geographie price : harga yang berbeda karena lokasinya yag berbeda.
f. International price : harga internasional.
0 komentar:
Posting Komentar