skip to main |
skip to sidebar
MARKETING MIX
Komponen dalam marketing mix yaitu :
- PRODUCT, merupakan apa saja yang ditawarkan di pasar yang akan diambil, dinikmati yang akan memuaskan kebutuhan seseorang. Produk dapat diklasifikasikan menjadi consumer product (produk yang dibeli dapatlangsung dipakai atau digunakan sendiri). dalam consumer produk, terbagi menjadi product convenience yang merupakan produk yang dibeli terus menerus seperti makanan. Product shopping yang merupakan produk yang dibeli secara selektif seperti sepatu atau pakaian. Product specialty yang merupakan produk atau barang yang dibeli bersifat spesial. Product unsought yang merupakan pembelian produk yang dikarenakan trend atau tertarik oleh discount. Industrial product (barang yang dibeliuntuk kepentingan industri atau bisnis dan menambah keuntungan bisnis atau untuk dijual kembali. Dalam hal ini konsumen membeli barang atau produk tertentu karena konsumen memiliki beberapa alasan, diantaranya adalah product atibute (fungsi, daya tahan, kehandalan, tampilannya terlihat bagus/tidak mengganggu penglihatan, mudah dipakai, mudah diperbaiki jika mengalami kerusakan, murah, dan memiliki nila-nilai lainnya). Brand (nama atau istilah, tanda,simbol, design. Terdapat beberapa macam brand yaitu brand equity, brand sponsor, dan co branding. Packaging, Labeling, dan Productsupport service (tempat servis produk atau barang yang dibeli oleh konsumen, jika produk tersebut mengalami kerusakan.
- PRICE
- PLACE
- PROMOTION
0 komentar:
Posting Komentar